Serba-serbi PRSU ke-49, Diskop UKM Provsu Gelar Demo Membatik

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provsu mengisi pagelaran PRSU (Pekan Raya Sumatera Utara) dengan menggelar demo membatik untuk pemula, Minggu (25/6/2023).

topmetro.news – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provsu mengisi pagelaran PRSU (Pekan Raya Sumatera Utara) dengan menggelar demo membatik untuk pemula, Minggu (25/6/2023).

Dinas Koperasi UKM Sumut menghadirkan langsung pelaku UMKM dari Rumah Batik Mardiyah berlokasi di Jalan Karya Medan sebagai instruktur.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Pusat Usaha Layanan Terpadu (PLUT) Sari Samosir, selain demo membatik bagi pemula, Dinas Koperasi dan UKM juga mengadakan konsultasi bisnis untuk pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara gratis bagi pelaku UMKM.

“Jadi selain demo membatik untuk pemula, kami juga membuka layanan pengurusan NIB gratis bagi pelaku UMKM yang ingin mendaftarkan usahanya,” sebut Sari.

Dalam kegiatan di Paviliun Pemprov Sumut tersebut, terlihat Nurul Huda Nasution selaku pemilik usaha Batik Mariyah memberikan tutorial kepada pengunjung. Antara lain, mengenai dasar untuk membatik dengan teknik mencanting.

“Dasar-dasar teknik mencanting di sini dengan menggunakan kain dengan pola yang sudah tersedia,” sebut Nurul.

Teknik mencanting, jelas Nurul, adalah teknik dasar untuk membuat batik tulis. Peralatan yang dibutuhkan yakni, lilin, kain, canting sama kuali dan kompor.

“Proses pengerjaan kain diberi motif dulu lalu dicanting menggunakan lilin,” tambahnya.

Untuk bisa mencanting, awalnya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam. Kemudian selanjutnya tangan calon pembatik, menurut Nurul, perlahan akan mulai terlatih mengikuti pola yang ada.

Hasil latihan menanting ini akan mereka pamerkan di Stand Dinas Koperasi dan UKM Provsu.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment